oleh

Diduga Malis Ketua KMP SANIMAS SPAL-DS & Mantan Kades Nonaktif Desa Negeri Galih Rejo,BerKolusi Korupsi

Lampung Utara -Diketahui sebagai Bagaimana tahun 2023 Lampung Utara, dari 23 desa menerima bantuan Sanimas SPAL-DS, Adapun bantuan sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) SPAL-DS yang berlokasi Desa Negri Galih Rejo Kecamatan Sungkai tengah Kabupaten Lampung Utara dengan Sumber dana APBN, pagu anggaran sebesar Rp. 350.000.000,- . Waktu pelaksanaan 120 hari, sedangkan pelaksana swakelola oleh kelompok masyarakat sebagai penyelenggara, sebagaimana bentuk perhatian pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat dalam mengentaskan data stunting untuk ibu hamil lansia dan juga balita.

 

Dalam pantauan media, Pekerjaan Sanimas Spal-Ds di Desa Galih Rejo kecamatan Sungkai Utara kabupaten Lampung Utara

Yang di komandoi oleh MALIS selaku ketua KMP, diduga menjadi ajang korupsi oleh oknum Ketua KMP di desa tersebut.

Pasalnya terlihat Bilik Sanimas spal Ds tidak menggunakan pembesian kolom cor praktis.untuk sumuran tidak menggunakan cor yang di beri besi melain kan hanya susunan bata yang di pelaster dan juga terkesan yang menerima bantuan tidak tepat sasaran karena rumah permanen yang justru yelah memiliki Wc justru mendapat kan bantuan sementara rumah Papan yang terlihat sangat membutuhkan tapi tidak dapat dan untuk pondasi hanya kedalam pasangan batu Gunung 20 cm.

Pekerja terlihat tidak memakai APD.

 

Hal tersebut di ketahui saat media melihat di lokasi pekerjaan dan keterangan tukang yang sedang bekerja.10/06/2023

 

” Saya mengerjakan 5 titik, untuk yang selai sudah empat, untuk kedalaman pondasinya 20 cm, untuk besi kolom cor praktis tidak pakai,hanya pakai Selop atas bawah saja dan kami tidak di berikan APD, untuk yang menyuruh kerja pak Malis .jelas tukang bernama kedapa Media.

 

Begitu juga keterangan dari tukang yang lain nya,

” Kami bekerja empat orang, untuk upah kami borongan sebesar 2 juta dengan galiannya. Rp1.800.000 untuk bikin milik beserta mengecor dan 200.000 untuk upahan galian lubang septic tank.

 

Lanjutnya tukang kembali, Lubang nya pakai bata terus di pelaster tidak di cor pakai besi.

kami tidak di berikan APD .

Untuk Ketua KMP pak Malis dan juga selaku RT di desa.

Ya kami bicara apa adanya.pungkasnya.

 

Saat awak media ingin konfirmasi kepada malis selalu ketua KMP Sanimas Soal-Ds Desa Negeri Galih Rejo jec.sungkai tengah kab.lampung utara, tidak ada dilokasi pekerjaan dan juga di rumah nya.

sehingga tidak dapat di konsumsi.

 

Di lain sisi saat Riki konsultan Tehnik pendamping, saau di hubungi melaui telpon seluler guna diminta sedikit informasi perihal kegiatan Sanimas spal-Ds.

Dia mengatakan, Harus di cor dan bilik Sanitasi harus memakai besi kolom cor, peraktis,jika tidak memakai besi kolom cor kegiatan itu salah,bisa harus di boongkar sekalipun sudah ada atap.14/6/2023

 

” ya salah bg, bukan di pelaster ,walau pun tidak memakai besi itu harus di cor, karena jika pasangan bata dan dicor itu beda, karena tumpukan sememen, tumpukan bata itu lebih kedap air tumpukan semen.terangnya

 

Jika Bilik tidak memakai besi kolom cor praktis itu salah,harus di bobok ulang,karena kalau besi kolom cok praktis itu jelas benar ada besinya.

Walaupun sudah di Cet dipasang atap itu harus di bongkar.Tegas Rik Konsultan tehnik.

 

Dengan dugaan di atas di bawah kepada pihak aparat penegak hukum kiranya nanti dapat mengaudit hasil pekerjaan tersebut karena diduga Malis ketua KMP Sanimas Spal-Ds desa negeri galih Rejo berkolusi kepada mantan kades setempat untuk KORUPSI.(Tim).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed