oleh

Mahasiswa Profesi Kebidanan UAP Lakukan Penyuluhan Edukasi Gizi dan Anemia ibu Hamil di Tubaba

Tulang Bawang Barat-Bertempat di Tiyuh/Desa Karta Raharja, Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung, Dua Belas (12) Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah Pringsewu melakukan Sosialisasi penyuluhan Edukasi gizi dan Anemia ibu hamil

 

Adapun kegiatan Pengabdian Kesehatan Masyarakat tersebut berlangsung selama 4 Minggu, mulai dari Penyerahan mahasiswa Profesi Kebidanan pada Tanggal 21 Mei 2024 dan penarikan pada tanggal 11 Juni 2024 kemarin, sedangkan pelaksanaan kegiatan penyuluhan sendiri telah dilakukan Tanggal 8 juni lalu.Hal tersebut di sampaikan Resti Diangiyarmi, S.Tr. Keb selaku Ketua Kelompok saat di temui di Tiyuh Karta Raharja, Rabu (12/6/2024).

 

“Ya, alhamdulilah kegiatan Sosialisasi penyuluhan Edukasi gizi dan Anemia ibu hamil telah usai di laksanakan, tentunya harapan kami selaku perwakilan Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah Pringsewu dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat Tiyuh Karta Raharja,” Ucap Resti kepada awak media.

 

Lebih lanjut di jelaskan Resti, bahwasannya kehadiran mereka di Tiyuh Karta Raharja bertujuan untuk mencegah terjadinya Anemia pada ibu hamil yang mana penyakit Anemia tersebut merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum ditemukan di berbagai Negara, termasuk Indonesia.

 

Untuk kita ketahui bersama, Anemia adalah kondisi umum yang sering dialami oleh ibu hamil akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini dapat membawa risiko serius bagi kesehatan ibu dan janin, termasuk kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Oleh karena itu, edukasi gizi yang efektif sangat penting untuk membantu ibu hamil mengatasi anemia.

 

Berdasarkan hasil Observasi Lapangan, di Tiyuh Karta Raharja ditemukan bahwa dari 23 ibu hamil, 8 orang mengalami anemia dengan rincian 6 orang menderita anemia ringan dan 2 orang menderita anemia sedang.Kondisi ini tentunya menunjukkan perlunya penanganan dan pencegahan yang efektif untuk mengatasi masalah anemia pada ibu hamil sehingga perlu melakukan penanganan dan pencegahan.

 

Maka dari itu, kami selaku Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah melakukan upaya kegiatan praktik komunitas yang bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu hamil (di Tiyuh Karta Raharja) tentang satu Program Edukasi gizi yang difokuskan pada panduan “Isi Piringku” dan konsumsi jus buah naga yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan asupan nutrisi penting bagi ibu hamil.

 

“Metode penyuluhan yang kami lakukan untuk mencegah terjadinya Anemia terhadap ibu hamil yaitu melalui tahap persiapan dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Tiyuh/Desa setempat dan tahap pelaksanaan sendiri melibatkan screening dan penyuluhan, dengan tahap evaluasi untuk mengevaluasi proses dan dampak kegiatan dengan harapan Hasil pelaksanaan komunitas dapat menunjukkan peningkatan pengetahuan pada ibu hamil sebagai peserta kegiatan,” papar Resti.

 

Dari hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat, Masih kata Resti, menunjukkan bahwa penyuluhan gizi dan pelatihan yang diberikan menggunakan metode “Isi Piringku” secara signifikan meningkatkan pengetahuan bagi ibu hamil sedangkan dari hasil penelitian mengindikasikan peningkatan pengetahuan kader posyandu dari 67% menjadi 100% setelah penyuluhan.Selanjutnya, penelitian tentang pengaruh konsumsi jus buah naga merah menunjukkan bahwa rata-rata kadar hemoglobin (Hb) ibu hamil meningkat setelah mengonsumsi jus tersebut, pungkas Resti.

 

Terpisah, Bandarudin selaku kepalo Tiyuh Karta Raharja menyampaikan ucapan Terimakasih kepada para Mahasiswa dari Universitas Aisyah Pringsewu yang mana telah berpartisipasi untuk membantu masyarakat (khusunya ibu hamil) dalam mencegah terjadinya Anemia terhadap ibu hamil.

 

“Secara pribadi dan secara Pemerintah Tiyuh saya mengucapkan terimaksih kepada seluruh Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah Pringsewu yang telah melakukan Sosialisasi penyuluhan Edukasi gizi dan Anemia ibu hamil di tiyuh kami, mudah-mudahan pengetahuan yang diberikan mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi ibu hamil,” singkat Bandarudin.

 

Senada juga disampaikan Rita Wati mewakili ibu hamil lainnya mengucapkan Terima kasih atas kehadiran para Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah Pringsewu karena dengan penyuluhan ini kami jadi dapet ilmu baru yaitu isi piringku dan jus buah naga untuk mengatasi anemia.

 

“Terimaksih atas kehadirannya di Tiyuh kami, ilmu dan pengetahuan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai ibu hamil,” singkat Rita.

 

Diketahui, kedua belas Mahasiswa Profesi Kebidanan asal Universitas Aisyah Pringsewu yang melakukan Sosialisasi penyuluhan Edukasi gizi dan Anemia ibu hamil di tiyuh Karta Raharja yaitu;

Ketua Kelompok: Resti Dian Giyarmi dengan Anggota Kelompok: Damijah, Emi Andalia, Eva Rozalinda, Ika Dyah K, Nelya Dewi, Nia Jasmilla, Ria Lusiana, Rosmianah, Vina Maryu Delena, Wiwik Dwi Martiasih, Yuliyana, dan Dosen pembimbing Nila Qurniasih, S.ST., Bdn., m.Keb.(R).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed