oleh

Dugaan Korupsi DD Tiyuh Menggala Mas, Inspektorat Akan Panggil Kepalo Tiyuh dan Aparatur

Tulang Bawang Barat-Terkait adanya dugaan korupsi Dana Desa(DD) Menggala Mas, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat Inspektorat Kabupaten setempat akan menindaklanjuti hal tersebut dengan memanggil pihak pemerintah Tiyuh yaitu Kepalo Tiyuh beserta aparatur nya.

Hal itu di katakan Prana Putra Inspektur Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat yang di sampaikan Muslim Irban V, bahwa adanya dugaan korupsi yang merugikan Negara dalam pengelolaan DD Tiyuh Menggala Mas akan di lakukan pemeriksaan dan pemanggilan dalam waktu dekat.

“Yang pasti Nanti kita pelajari informasi nya, sekiranya ada hal yang kita anggap perlu klarifikasi segera kita panggil ya,” kata Muslim, Minggu, (1/9/2024).

Berita sebelum nya, Alokasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) Tiyuh (Desa) Menggala Mas, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tahun 2023-2024 diduga jadi ajang korupsi.

Pasalnya, beberapa realisasi anggaran Dana Desa pada Tahun 2023 hingga Tahun 2024 diduga menjada ajang korupsi untuk meraup keruntuhan besar oknum kepalo Tiyuh.

Seperti realisasi anggaran pada Tahun 2023 yang diduga di Mar’up yaitu realisasi Tahap 1 tahun 2023 rehap ruangan balai Tiyuh sebesar Rp.82.528.000,
Rehabilitasi peningkatan prasarana jalan desa(gorong-gorong,selokan,drainase.)sebesar Rp.27.107.500.
Tahap 2.bantuan bibit ikan Rp.30.000.000,
Jumlah alat produksi dan pengolahan peternakan yang di serahkan(belanja bibit kambing) sebesar Rp.64.000.000.

Selain itu pada tahun 2024 realisasi yang diduga menjadi ajang korupsi yakni Pembangunan Jalan Usaha Tani dengan pembuatan ounderlagh dengan anggaran untuk belanja bahan baku sebesar Rp.79.781.000 di tambah dengan anggaran upah ounderlagh Jalan Usaha Tani sebesar Rp.24.100.000.

Betapa tidak, dugaan Mark Up itu mencuat lantaran pekerjaan kegiatan fisik yang dilakukan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Tiyuh Menggala Mas tersebut terindikasi tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang telah ditetapkan.

Lantas seperti apa tanggapan pihak Aparat Penegak Hukum (APH) kabupaten Tulangbawang Barat terkait pemberitaan dugaan korupsi di Tiyuh Menggala Mas, Simak informasi berikutnya.(R).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed