oleh

Alasan Silon, KPU Menolak Berkas Pendaftaran Dawam – Ketut

Lampung Timur – Pendaftaran berkas pasangan Dawam Rahardjo-Ketut Erawan menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur di tolak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

 

Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Timur, Ali Johan Arif dalam Konferensi Pers menjelaskan bahwa KPU menolak berkas pendaftaran Dawam-Ketut lantaran masalah teknis, terkait sistem informasi pencalonan (Silon).

 

Diketahui, dalam Silon, PDI Perjuangan saat ini sedang mengusung pasangan Ela-Azwar. Sementara kata Ali Johan saat pasangan Dawam-Ketut mendaftar di KPU, admin Silon tak berada ditempat dan sulit dihubungi. Sehingga, menghambat proses pendaftaran.

 

”Kami merasa terjebak dalam situasi ini. Ketika waktu semakin mendesak, masalah Silon tak kunjung terpecahkan dan akhirnya pendaftaran Dawam-Ketut, ditolak,” Ujar Ali Johan Kamis, (5/9/2024).

 

Langkah yang akan diambil PDI Perjuangan, akan melaporkan masalah ini ke Bawaslu Lampung Timur dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

 

”Kami menduga ada kejanggalan dalam proses pendaftaran. Kami akan menuntut keadilan dan tranparansi dalam penyelenggaraan Pilkada ini,” Tegas Ali Johan.

 

Sementara, Dawam Rahardjo merasa kecewa dan pihaknya menilai tindakan KPU bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan KPU RI yang membuka peluang Pilkada lebih dari satu pasangan calon.

 

Dawam mengkritik KPU Lampung Timur, yang dianggap sengaja membuat proses pendaftaran menjadi rumit dengan alasan teknis Silon.

 

”Kenapa harus dipersulit, Silon selalu menjadi kendala. Sepertinya, KPU tidak ingin ada lebih dari satu pasangan calon,” Kata Dawam. (Rusman Ali)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed