oleh

Warga Desa Spantan Jaya Dan Sungai Langan Penukal – PALI Terima Pembayaran Kompensasi Seismik 3D

Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)
ragamnews.co.id

Dengan pengawalan yang ketak dari Polsek Penukal Abab Polres PALI, Perusahaan PT Citra Daqin sukses melaksanakan pembayaran kompensasi kepada warga Desa Spantan Jaya dan Desa Sungai Langan Kecamatan Penukal yang terdampak. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Spantan Jaya Kecamatan Penukal Kabupaten PALI, Rabu (25/09/2024).

Acara diawali dengan sambutan – sambutan dari para pejabat yang berkompeten yang menjelaskan transparansi kompensasi ini sebagaimana aturan yang berlaku.

Sekedar informasi, sebelum pelaksanaan pembayaran kompensasi, setiap warga yang menerima kompensasi diharuskan untuk membawa dokumen identitas resmi,seperti undangan dari Seismik 3D Idaman PT Daqing Citra, fotokopi KTP, dan Kartu Keluarga.

Pembayaran kompensasi pun berjalan lancar. Kemudian setelah semua warga menerima kompensasi, penerima diabadikan dalam foto oleh pihak perusahaan sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya permasalahan – permasalahan dikemudian hari yang berkaitan dengan kompensasi kepada warga

Adapun besaran kompensasi yang diterima oleh masyarakat bervariasi, tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi di lahan masing-masing, seperti kerusakan pada tanam tumbuh serta jumlah lubang bor yang diakibatkan oleh aktivitas survei. Pihak perusahaan memastikan bahwa semua kompensasi telah dihitung secara cermat berdasarkan dampak aktual yang dialami oleh para pemilik lahan.

Sekitar pukul 17.45 WIB proses pembayaran kompensasi terhadap warga yang terdampak rampung. Dengan demikian maka kegiatan inipun dinyatakan lancar, aman, tertib dan kondusif tanpa kendala.

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin S.I.K., M.H.,melalui Kapolsek Penukal Abab AKP Ardiansyah S.H.,menjelaskan bahwa kompensasi ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial pihak perusahaan PT Daqing Citra kepada masyarakat yang terdampak kegiatan seismik 3D. Kompensasi diberikan sebagai ganti rugi atas kerusakan yang terjadi pada tanam tumbuh serta area yang terdampak oleh aktivitas pengeboran dan survei seismik di kedua desa tersebut.

“Kompensasi ini adalah wujud nyata dari kepedulian pihak perusahaan terhadap masyarakat setempat yang lahannya terdampak oleh survei,” ucap Kapolsek.

” Kami meminta agar proses pembayaran ini dapat berjalan lancar dan masyarakat pun merasa puas dengan kompensasi yang diberikan,” harapnya.

Ditambahkan AKP Ardiansyah bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menjaga situasi agar tetap kondusif, mengingat adanya potensi ketidakpuasan dari sebagian warga terkait besaran kompensasi yang diterima.

“Kami telah melakukan pengamanan secara menyeluruh, baik dalam pelaksanaan maupun pascapembayaran. Koordinasi yang intens dengan PT Seismik terus dilakukan untuk memastikan keamanan masyarakat selama kegiatan berlangsung,” jelas Kapolsek Penukal Abab.

AKP Ardiansyah menuturkan, selain itu, imbauan kepada masyarakat agar menjaga ketertiban dan keamanan juga disampaikan oleh Bhabinkamtibmas, untuk memastikan tidak ada tindakan yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas).

Sebagai tindak lanjut, pihak kepolisian, khususnya Unit Intelkam Polsek Penukal Abab, akan terus melakukan monitoring dan deteksi dini terhadap situasi di lapangan. Polsek juga terus menjalin koordinasi dengan PT Daqing Citra terkait jadwal pembayaran kompensasi di tahap-tahap berikutnya.

Langkah preventif ini diambil untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga stabilitas di wilayah yang terdampak.

Polsek Penukal Abab juga mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menyikapi proses kompensasi ini, dan berharap agar kerjasama antara perusahaan dan warga terus terjalin dengan baik.

Hadir pada kegiatan ini, masyarakat yang terdampak, Pemdes Spantan Jaya, pihak terkait, management perusahaan dari Kehumasan PT Daqing Citra yang diwakili oleh Rangga, Roy, dan Ditta,Security Officer Letkol CPM Bagus Wardiaman Kemenhan RI,Kades Spantan Jaya Hamshori, Kades Sungai Langan Herman, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Spantan Jaya serta masyarakat Sungai Langan.

Hadir juga Sekretaris Camat Penukal Herianto SE, Kapolsek Penukal Abab AKP Ardiansyah S.H dan personil Polsek Penukal Abab,Danramil 404-04/Talang Ubi yang diwakili oleh Babinsa Sertu Abastari,

(EA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed