oleh

Saat Upaya Madam kan Api,Petugas Pemadam Kebakaran Pingsan Akibat Kehabisan Oksigen

Lampung Timur,Ragamnews.co.id- Sebuah rumah dan dua toko sembako milik Murzaini di Pasar Tridatu, Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur ludes terbakar, Sabtu (6/4/2024) pukul 19.25.

 

Salah seorang petugas pemadam kebakaran bernama Pendi dilarikan ke Puskesmas Labuhanratu karena pingsan akibat kehabisan oksigen saat berupaya memadamkan api.

 

“Pak ini ada petugas kesehatan nggak, anggota saya ini pingsan kekurangan oksigen tolong pak segera cari ambulans,” teriak koordinator pemadam kebakaran Agus.

 

Tampak sejumlah rekannya melepas pakaian pemadam dengan bahan dasar parasut tersebut. Beberapa orang mencoba menyiramkan air pada tubuh korban namun tetap belum siuman. Selang beberapa menit, ambulans tiba untuk mengevakuasi petugas damkar itu ke Puskesmas.

 

Kapolsek Labuhanratu Iptu Sukaryadi menjelaskan kebakaran terjadi mulai pukul 19.24 dan berhasil dipadamkan pukul 21.30. Pemadaman ini melibatkan lima unit mobil pemadam milik Pemda, Balai dan milik perusahaan GGP.

 

Meskipun api berhasil padam, rumah milik Murzaini habis dilalap si jago merah. Selain itu dua ruko berisi sembako juga ludes terbakar. Jika dikalkulasi kerugian materi yang dialami Murzani lebih dari Rp400 juta.

 

Terkait sumber titik api Kapolsek belum bisa menjelaskan karena itu butuh penyelidikan saat olah TKP nanti yang dilakukan oleh Inafis Polres Lampung Timur. Selain mencari titik api Inafis juga mencari penyebab kebakaran.

 

“Lebih dalam soal penyebab nanti nunggu saat olah TKP yang dilakukan oleh anggota Inafis, kemungkinan besok tim Inafis tiba di lokasi,” kata Suharyanto.

 

Ditempat terpisah Hakim warga yang tinggal bersebelahan dengan korban kebakaran mengatakan, awal yang mengetahui adanya api yang menyala yakni seorang penjual martabak yang mangkal di depan rumah korban.

 

Karena lokasi yang terbakar di lingkup pasar sehingga banyak pedagang dan api cepat diketahui. Melihat api membesar warga berjibaku memadamkan secara manual agar api tidak menjalar.

 

“Saat ada teriakan kebakaran saya keluar ternyata yang terbakar rumah samping rumah saya, saya langsung menghidupkan mesin pompa air untuk mengantisipasi agar api tidak me jalar ke rumah saya,” kata Hakim.

 

Agar tidak terjadi hal yang diinginkan terkait arus listrik, Hakim memadamkan listrik sementara waktu agar tidak terjadi konsleting listrik. (Rusman Ali)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed