oleh

Tiyuh Gedung Ratu Konsep Balai Bernuansa Kearifan Lokal, Studio Tiqew Jadi Lokasi Galeri Sejarah

Tulang Bawang Barat-Melibatkan para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Masyarakatnya, Pemerintah Tiyuh/Desa Gedung Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung Desain balai Tiyuh berdasarkan dengan kearifan lokal yang mana konsep bangunannya di bangunan terbuka.

 

Dikatakan Juaini Bandarsyah, kepalo Tiyuh Gedung Ratu yang dalam hal ini di sampaikan Agus Muhtarom selaku Juru tulis, bahwasannya Tiyuh Gedung Ratu adalah salah satu Tiyuh yang tertua dari 11 Tiyuh lainnya yang ada di kecamatan TBU sehingga kearifan lokal masih sangat kental di wilayah ini.

 

“Tiyuh gedung ratu adalah salah satu tiyuh tua yang ada di Kecamatan TBU, maka tak heran jika adat istiadat di Tiyuh ini masih melekat dengan masyarakatnya hingga saat ini,” ucap Agus Muhtarom saat berbincang bersama Tim Podcast Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pengcab Tubaba diruang kerjanya, Selasa (28/5/2024).

 

Untuk diketahui, bahwasannya Pemerintah Tiyuh gedung ratu saat ini sedang melakukan berbagai Pembangunan salah satunya Pembangunan balai Tiyuh dengan konsep terbuka sehingga siapa saja yang akan mengunakannya di persilahkan.

 

“Ya, konsep Pembangunan balai tiyuh gedung ratu ini berkonsep kearifan lokal, yang mana di saat Pemerintah tiyuh kita akan melakukan pembangunan melibatkan para tokoh-tokoh tertua yang ada di Tiyuh ini. Mulai dari toko agama, tokoh adat istiadat, mantan kepalo Tiyuh, dan pastinya masyarakat sekitar,” terang Agus Muhtarom.

 

Tak sampai disitu saja, Agus Muhtarom juga menjelaskan, selain pembangunan balai Tiyuh. Pemerintah Tiyuh gedung ratu juga akan melanjutkan Program K3w, UMKM, serta saat ini sedang proses pekerjaan pembangunan studio Tiqew yang mana nantinya studio ini bukan sekedar mengumpulkan Prodak Tiqew saja, melainkan juga akan ada sebuah galeri yang mana masyarakat nantinya dapat mengenal lebih dekat tentang Tiyuh gedung ratu,” pungkasnya.(R).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed